Sabtu, 17 Januari 2015

Derajat Noken As Berdasarkan Putaran Kruk As


Di satu sisi banyak mekanik yang sudah pintar tentang noken as. Di sisi lain banyak juga yang pemula. Terutama mekanik  balap skubek. Banyak sekali yang baru dan belum tahu diagram durasi noken as.

Untuk itu harus tahu dulu diagram Noken as. Kan kini tumbuh generasi baru dari mekanik skubek. Biarin mekanik jadul sudah ngerti duluan :p .... hahaha .. kan jumlahnya sedikit dan sudah mentok .. he..he..hee,,,,,, :p

Seperti komeng alias Deny mansur dari CLINIC motor. Beliau mekanik skubek berbakat, Tapi belum bisa mendial derajat Noken as. "aku komeng yang sering mengantar pembalapnya naik podium dan menang balap liar.

Mekanik dari Jl.Squadron No.14 Halim Jakarta Timur itu mau tahu dulu diagram Noken as. Terutama ketika membuka dan menutup. Istilahnya durasi Noken as.

Supaya gampang mari kita amati bersama diagram gambar Noken as isap (intake). Perlu diingat, sekali putaran kruk as sama dengan 1/2 kali putaran noken as. Jika 180 derajat dikruk as sama dengan 90 derajat diputaran noken as.

Dari gambar noken as isap dulu , OKOK . Noken as isap membuka 13 derajat sebelum TMA (titik mati atas) atau TOP. Kemudian baru menutup di 55 derajat sesudah TMB (titik mati bawah) atau posisi piston paling bawah.

Dari sana dapat dihitung bahwa durasi noken as isap itu adalah 13 + 180 + 55 = 248 Derajat,  Angka 180 itu adalah angka 90 + 90 , dalam artian pergerakan TMA menuju TMB.

Selanjutnya tinggal noken as buang (exhaust) . Misalkan membuka 39 derajat sebelum TMB. Kemudian klep buang akan menutup di 19 derajat setelah TMA, Maka durasinya adalah 39 + 180 + 19 = 238 derajat.


Dalam istilah durasi noken as juga ada istilah dengan overlap. yaitu ketika klep isap dan klep buang sama sama membuka. Angkanya bisa didapat dari penjumlahan angka durasi noken as IN membuka ditambah dengan angka durasi noken as EX menutup, contohnya dari diagram gambar durasi noken as diatas . 13 + 19 = 32 Derajat.

Itu yang terjadi dikruk as. Lebih gampangnya melihat dari putaran magnet. Tapi bagaimana gambar durasi noken as itu sendiri? kalau melihat posisi dikem, posisi TMA atau top tidak berada pas diposisi paling atas diagram.

Kudu jelas, mari kita lihat gambar noken as isap dulu, "Posisinya bisa berada sebelum benjolan Noken as" , Jika melihat dari diagram noken as, misalnya bagian yang IN durasi 248 derajat diagramnya hanya 124 derajat jika diukur dengan busur derajat, itu karena noken as bekerja 1/2 dari derajat kruk as. Begitu pun dengan noken as EX , durasi atau timming bukaan klep 238 derajat, yang tergambar hanyalah 119 derajat jika diukur dengan busur derajat.

semoga bermanfaat bagi kita semua....

Salam Sukses








S.B.M Engine Performance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar