Sabtu, 16 Mei 2015

Tune Up Vario 125cc Bore Up To 153cc !!!

                   





     Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena kami masih diberikan kesempatan untuk melakukan uji kaji kembali untuk merepair mesin motor Honda Vario 125 injections yang sudah terbore up dengan kapasitas isi silinder 153cc.

     Dari hasil analisa dilapangan bahwa keadaan motor saat datang kekami cukup kami menyimpulkan bahwa motor sangat tidak nyaman dengan kapasitas silinder tersebut.

      Blok Seher dicantumkan menggunakan Blok Seher Honda PCX yang dikombinasikan dengan menggunakan Piston Honda sonic supaya ukuran pen piston PnP dengan vario , kemudian Blok Head menggunakan kepunyaan PCX juga supaya aliran air radiator dapat mengalir sempurna tanpa hambatan , karena Blok Head standart Vario untuk aliran air radiator nya tidak pas dengan Blok seher PCX , sebenarnya masih bisa menggunakan bawaan head standart vario akan tetapi harus melakukan perubahan diwater jacketnya . Noken as menggunakan produk CMS karena bawaan dari pasien sudah menggunakan noken as CMS Big. lalu melihat dari sektor pengkabutan terlihat disana menggunakan injector kepunyaan Honda PCX dengan kombinasi trottle body menggunakan trottle body Honda Verza. dan dibantu oleh Piggy Back untuk mengatur aliran bahan bakar yang diinginkan. Cukup istimewa bukan ?? ::D tetapi kenapa tenaga yang dihasilkan sangatlah tidak memuaskan.


       Lanjut kepengecekan , ternyata banyak sekali perubahan-perubahan yang diluar fungsi standart nya. dari gear sentrik yang telah digeser lubang bautnya , lalu perubahan perkopling yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesinnya dan rumah gerak v-belt yang dirubah sudutnya menjadi 14 derajat.

       Dari hasil analisa pengecekan maka tindakan yang kami lakukan adalah melakukan dialing noken as dalam melakukan pemasangan gear sentrik , karena perubahan sudut derajat putaran noken as sangat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan mesin tersebut. Lanjut ke bagian CVT , Di upgrade dengan menggunakan per kopling CVT ukuran 1500rpm , begitu juga dengan perkampas kopling CVT menggunakan ukuran 1500rpm didesign berat karena sudah menggunakan kampas pantekan dengan span gerak tempel ke mangkok ganda sangat dekat & roller kita pakai punya kitaco 12gram.



























        Alhamdulillah setelah selesai melakukan pemasangan , alhasil ,, JOSSS sempurna . Dengan spesifikasi diatas maka tenaga yang dihasilkan dalam 200 meter saja bisa mencapai 110Km/Jam. sungguh sangat fantastis. motor sekelas satria FU saja tidak mampu menempuh kecepatan seperti itu..


       Demikian hasil riset dan uji kaji yang telah kami lakukan , semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya.

     Salam Sukses
     Luthfi Haqiqi


1 komentar: